Benarkah Pasien BPJS Kesehatan Hanya Dilayani pada Hari dan Jam Kerja Fasilitas Kesehatan yang Dipilih? - Semua Halaman - Intisari (2024)

  • Home
  • FOKUS

Ade Sulaeman - Kamis, 9 April 2015 | 19:00 WIB

Benarkah Pasien BPJS Kesehatan Hanya Dilayani pada Hari dan Jam Kerja Fasilitas Kesehatan yang Dipilih? - Semua Halaman - Intisari (1)

Ade Sulaeman

Benarkah Pasien BPJS Kesehatan Hanya Dilayani pada Hari dan Jam Kerja Fasilitas Kesehatan yang Dipilih?

Intisari-Online.com - Situs lapor.go.id kembali menerima laporan masyarakat terkait pelayanan BPJS Kesehatan. Kali ini yang ditanyakan adalah benarkah pasien BPJS Kesehatan hanya dilayani pada hari dan jam kerja fasilitas kesehatan yang dipilih.

Berikut ini pertanyaan yang diajukan oleh pemilik akun Harge Widodo:

Yth. BPJS Kesehatan,

Ibu saya peserta BPJS Kesehatan kelas 1, terdaftar di faskes tingkat 1 Puskesmas Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Berencana periksa ke dokter di Puskesmas Karangan, jam 16.00 tanggal 13 Desember 2014. Namun ditolak perawat yang sedang berjaga, dengan alasan peserta BPJS Kesehatan hanya dilayani dokter pada hari dan jam kerja Senin-Sabtu jam 8-13 pada layanan poli kesehatan. Kemudian saya pindah ke klinik aba husada (berjarak 500 meter dari Puskesmas Karangan, Trenggalek), yang melayani faskes tingkat 1. Namun direktur klinik dr. Rofik menolak, dengan alasan terdaftar di faskes 1 Puskesmas Karangan. Saya telpon 500400, call center bilang bisa dilayani jika faskes tempat dimana peserta terdaftar tutup, beralih ke faskes yang buka, dengan ketentuan satu kali layanan. Namun saya tetap ditolak. Petugas klinik bilang, jika sistemnya online. Jika keadaan darurat, bisa langsung ke RS. Apa kategori darurat menurut BPJS dan RS sudah seragam?

Lalu sekarang apa yang harus saya lakukan? Apakah sakit harus menunggu hari kerja, baru bisa ke dokter? Jika bepergian dan sakit, apakah peserta harus pulang dulu untuk ke faskes tingkat 1 tempat peserta terdaftar? Apakah sistem online itu seperti ini?

Saya sudah telpon ke 500400 dan melaporkan masalah ini, namun sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pihak BPJS yang berjanji akan menelepon saya maksimal 3 hari dari laporan saya.

Mohon tanggapan dari pihak BPJS Kesehatan.

Terima kasih.

Menanggapi pertanyaan terkait pasien BPJS Kesehatan hanya dilayani pada hari dan jam kerja fasilitas kesehatan yang dipilih, pihak BPJS Kesehatan pun memberi jawaban sebagai berikut:

Bapak Harge Widodo yang terhormat,

Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami,menjawab pertanyaannya dapat kami sampaikan sebagai berikut :

1. Setiap peserta BPJS Kesehatan terdaftar pada satu fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP)/(puskesmas/dokter keluarga/klinik) yang dipilih pada saat pertama kali mendaftar BPJS Kesehatan.

2. Alur pelayanan kesehatan peserta BPJS Kesehatan dimulai di faskes kesehatan tingkat pertama tersebut sebelum dirujuk ke Rumah Sakit yang berkerjasama karena indikasi medis,kecuali dalam keadaan darurat medis peserta dapat langsung ke RS melalui unit gawat darurat cukup dengan menunjukkan kartu BPJS Kesehatannya.

3. FKTP tidak dapat melayani peserta yang terdaftar diluar FKTP nya karena setiap FKTP dibayarkan berdasarkan jumlah peserta yang terdaftar pada FKTP tersebut. Kecuali bagi peserta BPJS Kesehatan yang dalam kondisi berada diluar wilayah karena tugas, liburan atau suatu hal lain yang tidak bersifat rutin, apabila memerlukan pelayanan kesehatan peserta dapat mengakses fasilitas kesehatan tingkat pertama (puskesmas/dokter keluarga/klinik) terdekat didaerah tujuan. Kondisi ini dapat dilakukan untuk satu kali layanan, untuk pelayanan kedua dan selanjutnya peserta dapat menghubungi Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk dibuatkan surat pengantar layanan.

4. Dalam mengakses pelayanan kesehatan peserta harus menyesuaikan pada jam pelayanan di FKTP terdaftar, jika saat ini orang tua Bapak kesulitan dalam mengakses jam pelayanan di Puskesmas, kami sarankan dapat merubah fasilitas kesehatan tingkat pertamanya ke klinik atau dokter keluarga di Kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan syarat telah terdaftar minimal 3 bulan pada FKTP sebelumnya.

Demikian disampaikan, semoga Bapak/beserta keluarga selalu sehat. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Salam,

BPJS Kesehatan

Menyimak jawaban mengenai pasien BPJS Kesehatan hanya dilayani pada hari dan jam kerja fasilitas kesehatan yang dipilih tersebut, maka ada baiknya kita lebih teliti dalam memilih fasilitas kesehatan, khususnya terkait jam kerjanya.

  • 1
  • 2
  • Show all
  • Benarkah pasien bpjs kesehatan hanya dilayani pada hari dan jam kerja fasilitas kesehatan yang dipil

PROMOTED CONTENT

Benarkah Pasien BPJS Kesehatan Hanya Dilayani pada Hari dan Jam Kerja Fasilitas Kesehatan yang Dipilih? - Semua Halaman - Intisari (2)

${item.title}

KGNow!

${timeSince(videoItems[0].date_publish)}

` }) document.querySelector('.kgnow-list').innerHTML = rvList; // slider $('.rVideo-item').ready(function() { console.log($(this)) if ($('.videoKG-item').length > 3) { $('.kgnow-list').slick({ autoplay: false, infinite: false, slidesToShow: 3, slidesToScroll: 3, dots: false, fade: false, arrows: true, cssEase: 'ease', prevArrow: "", nextArrow: "", }); } else { $('.kgnow-list').addClass('-fit') } }); } } } let data = { "title": document.title, "description": document.querySelector('meta[name="description"]').content, "keywords": document.querySelector('meta[name="content_tag"]').content, "page_id": "intisari_" + document.querySelector('meta[name="content_id"').content, "current_url": document.querySelector('meta[name="content_url"').content } rvJixie.open("POST", "https://apis.kompas.com/api/widget/video", true); rvJixie.setRequestHeader('Authorization', 'Bearer eyJpdiI6Im85ZEhnNHlqaW03cUdqMXlKam5lelE9PSIsInZhbHVlIjoiT24rRzd6ZVVwSUhGdkZuRzMxQWZyZz09IiwibWFjIjoiNGQwMGE2ODkzZTczZjIyNTNhY2RlNmNlOGIxNGZjZDdhYjRjZmIxOGMwODc2NjgwMjIxY2EwNDAwNmJhYThiYiJ9') rvJixie.setRequestHeader('Content-Type', 'application/json') rvJixie.send(JSON.stringify(data));}getVideo();function dateFormatJixie(value) { value = value.split(" ")[0].split("-"); var monthText = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember']; if (value) { return value[2] + ' ' + monthText[parseInt(value[1]) - 1] + ' ' + value[0]; } else { return ""; }}function timeFormatJixie(value) { if (value) { const timeJixie = value.split(':'); if (timeJixie[0] == '00') { return timeJixie[1] + ':' + timeJixie[2]; } else { return value; } } else { return ""; }}function timeSince(value) { console.log("sini", value) if (typeof value !== 'object') { date = new Date(value); } var seconds = Math.floor((new Date() - date) / 1000); var intervalType; var interval = Math.floor(seconds / 31536000); if (interval >= 1) { intervalType = 'tahun lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 2592000); if (interval >= 1) { intervalType = 'bulan lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 86400); if (interval >= 1) { intervalType = 'hari lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 3600); if (interval >= 1) { intervalType = "jam lalu"; } else { interval = Math.floor(seconds / 60); if (interval >= 1) { intervalType = "menit lalu"; } else { interval = seconds; intervalType = "detik lalu"; } } } } } return interval + ' ' + intervalType;}function urlTitle(value) { return value.toLowerCase().replaceAll(' ', '-').replace(/[^a-zA-Z0-9\-]/g, '');}

Benarkah Pasien BPJS Kesehatan Hanya Dilayani pada Hari dan Jam Kerja Fasilitas Kesehatan yang Dipilih? - Semua Halaman - Intisari (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Laurine Ryan

Last Updated:

Views: 5909

Rating: 4.7 / 5 (77 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Laurine Ryan

Birthday: 1994-12-23

Address: Suite 751 871 Lissette Throughway, West Kittie, NH 41603

Phone: +2366831109631

Job: Sales Producer

Hobby: Creative writing, Motor sports, Do it yourself, Skateboarding, Coffee roasting, Calligraphy, Stand-up comedy

Introduction: My name is Laurine Ryan, I am a adorable, fair, graceful, spotless, gorgeous, homely, cooperative person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.